PLANET MISTERIUS

Posted by dunia baruku Thursday, 19 December 2013 0 komentar
PLANET MISTERIUS
Sydney - Para Ilmuan mengatakan bahwa mereka telah menemukan sebuah planet jauh berwarna hitam pekat yang lebih gelap dari batu bara.
Seperti yang dikutip dati The age, Jum’at (12/8/2011), planetgelap yang ditemukan oleh ilmuan tersebut merefleksikan hanya 1% cahaya matahari/ bintang yang dikitarinya.
“Planet yang dinamakan TrES-2b tersebut, merupakan sebuah gas raksasa berukuran seperti  Jupiter, ketimbang planet batu padat seperti Bumi dan Mars”, ujar para astronom.
Planet TrES-2b mengorbit pada bintang GSC 03549-02811, yang berjarak sekitar 750 tahun cahaya di konstelasi bintang Draco the Dragon.
“ TrES-2b memiliki warna yang lebih gelap dari cat akrilik, jadi planet tersebut merupakan dunia yang sangat misterius.” Ujar David Kipping dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics.
Planet hitam misterius itu sendiri pertama kali terlihat oleh para ilmuan sekira lima tahun yang lalu.
Jarak orbit antara TrES-2b dengan bintang induknya adalah 5 kilometer. Namun mengapa planet tersebut hanya sedkit sekali memantulkan cahaya matahari? Mengingat jarak Bumi dan Matahari lebih jauh, yakni 150 juta kilometer.
Lalu karena jaraknya cukup dekat dengan bintang induknya (mataharinya TrES-2b), ilmuan memperkirakan suhu planet tersebut adalah 1.000 Derajat Celcius.
“ Belum Jelas apa yang membuat planet TrES-2b berwarna begitu pekat”, Ujar David Spigel dari Princeton University.
Studi yang diterbitkan di jurnal Montly Notices ini menggunakan pesawat tanpa awak kepler milik NASA.
(ATA. Dimuat dari Social Network, Okezone.com

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: PLANET MISTERIUS
Ditulis oleh dunia baruku
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kublogspot.blogspot.com/2013/12/planet-misterius.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

terimakasih telah singgah, berkomentar lah dengan baik

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of PENERUS BLOG SAMPAI MATI.