Dampak kemajuan teknologi pada proses belajar mengajar

Posted by dunia baruku Friday, 3 January 2014 0 komentar


Kemajuan tehnolagi komunikasi dan informasi yang berkembang begitu pesat pada Era Globalisasi, membawa perubahan yang sangat Radikal. Perubahan itu telah berdampak pada setiap aspek kehidupan, termasuk pada system pendidikan dan pembalajaran. Dampak dari perubahan yang luar biasa itu terbentuknya suatu 'komunitas global', lebih parah lagi karena komunitas global itu ternyata tiba jauh lebih cepat dari yang diperhitungkan, revolusi informasi telah menghadirkan dunia baru yang benar-benar hyper-reality.

Akibat dari perubahan yang begitu cepat, manusia tidak bisa lagi hanya bergantung pada seperangkat nilai, keyakinan,dan pola aktifitas sosial yang konstan. Manusia dipaksa secara berkelanjutan untuk menilai kembali posisi sehubungan dengan faktor-faktor tersebut dalam rangka membangun sebuah kontruksi sosial-personal yang memungkinkan atau yang tanpaknya memungkinkan. Jika masyarakat mampu bertahan dalam menghadapi tangtangan perubahan didalam dunia pengetahuan,teknologi,komunikasi serta konstruksi sosial budaya ini,maka kita harus mengembangkan proses-proses baru untuk menghadapi untuk menghadapi masalah-masalah baru ini, kita tidak dapat lagi bergantung pada jawaban-jawaban masa lalu karena jawaban-jawaban tersebut begitu cepat tidak berlaku seiring dengan perubahan yang terjadi. Pengetahuan,metode-metode dan keterampilan-keterampilan menjadi suatu yang ketinggalan jaman hampir besamaan dengan saat hal-hal ini memberikan hasilnya.

Degeng (1998) menyatakan bahwa kita telah memasuki era kesemrautan, era yang datangnya tiba-tiba dan tak seorangpun bisa menolaknya, Kita harus masuk didalamnya dan diobok-obok. Era kesembrautan tidak dapat dijawab dengan para digma keteraturan,kepastian,dan ketertiban. Era kesembrautan harus dijawab dengan para digma kesembrautan pula. Era kesemrautan ini dilandasi oleh teori dan konsep konstruktivistik, suatu teori pembelajaran yang kini banyak dianut dikalangan pendidikan di AS, unsur terpenting dalam kontruktivistik adalah kebebasan dan keberagaman, kebebasan yang dimaksud ialah kebebasan untuk melakukan pilihan-pilihan sesuai dengan apa yang mampu dan mau dilakukan oleh sipelajar. Keberagaman yang dimaksud adalah sipelajar menyadari bahwa individunya berbada dengan orang/kelompok lain, dan sebaliknya orang/kelompok lain bebeda dengan dengan individunya.

Longworth (1999) meringkas fenomena ini dengan pernyataan "kita perlu mengubah fokus kita dari apa yang perlu dipelajari menjadi bagaimana caranya mempelajari, perubahan yang harus terjadi ialah perubahan dari isi menjadi proses belajar, bagaimana cara belajar untuk mempelajari sesuatu menjadi sesuatu hal yang penting dari pada fakta-fakta dan konsep-konsep yang dipelajari itu sendiri"

oleh karena itu pendidikan harus mempersiapkan para individu untuk siap hidup dalam sebuah dunia dimana masalah-masalah baru muncul jauh lebih cepat dari pada jawaban dari masalah tersebut, dimana ketidak pastian dari perubahan dapat dihadapi secara terbuka, dimana para individu memiliki keterampilan-keterampilan yang diperlukan untuk secara berkelanjutan menyesuaikan hubungan mereka dengan sebuah dunia yang terus berubah, dan dimana tiap-tiap dari kita memberi arti dari keberadaan kita.

Beare dan slaughter (1993) "hal ini tidak hanya berarti teknik-teknik baru dalam pendidikan, tetapi juga tujuan baru. Tujuan pendidikan haruslah untuk mengembangkan suatu masyarakat dimana orang-orang dapat hidup secara lebih nyaman dengan adanya perubahan dari pada dengan adanya kepastian dalam dunia yang akan datang, kemampuan untuk menghadapi hal-hal baru lebih penting  dari pada kemampuan untuk mengetahui dan mengulang hal yang sama"
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Dampak kemajuan teknologi pada proses belajar mengajar
Ditulis oleh dunia baruku
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kublogspot.blogspot.com/2014/01/dampak-kemajuan-teknologi-pada-proses.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

terimakasih telah singgah, berkomentar lah dengan baik

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of PENERUS BLOG SAMPAI MATI.