Organisasi Sebagai Salah Satu Pilar Pembentuk Karakter Mahasiswa

Posted by dunia baruku Saturday, 8 February 2014 1 komentar

Diatas lembar kertas putih ini saya akan membahas mengenai peran organisasi dalam membentuk karakter  mahasiswa, demi mengembangkan studi belajar mahasiswa. Paradigma mahasiswa sebagai pilar penyokong pembangunan Indonesia kedepan dirasa cukup berdampak luas. Bagaimana tidak, sumbangsih dan karya pikir dari beribu mahasiswa di seluruh Indonesia dalam memberikan kontribusi baik secara pendapat maupun tenaga sangat besar adanya. Sebelumnya, kita tengok sejarah pada waktu kemerdekaan, peran mahasiswa sebagai penggagas kemerdekaan pada waktu itu (bayangkan jika tidak ada mahasiswa tentu sampai saat ini Indonesia menjadi Negara jajahan) dan pada waktu era reformasi bagaimana implementasinya mahasiswa dalam megembangkan intelektualnya agar mahasiswa tersebut dapat menjadi pemegang tongkat estafet atau penerus generasi tua, Itulah salah satu  gambaran dari aktivis-aktivis mahasiswa yang memberikan perubahan besar pada negeri ini.

Peran organisasi mahasiswa pada karakter mahasiswa tentu sangat berpengaruh sebab dalam organisasi mahasiswa dapat mengapresiasikan dirinya dalam berkomunikasi dengan orang lain, mahasiswa dapat mengaktualisasikan dirinya, mahasiswa dapat berpikir kritis dalam menyikapi permasalahan yang ada, serta mahasiswa dapat membangun karakter kepemimpinannya. Dewasa ini, banyak sekali anggapan jika ikut dalam organisasi akan menjadi mahasiswa yang abadi. Sesungguhnya yang saya rasakan dalam pengalaman saya itu tidak benar adanya. Sebenarnya peran organisasi tersebut sangat besar adanya kepada karakter dari seorang mahasiswa.

Disamping itu, banyak terdapat dampak yang signifikan dari ikut dalam suatu organisasi semisal yang paling mudah yaitu seseorang yang memiliki karakter pemalu atau agak sukar menyampaikan pendapat atau berkomunikasi dengan orang lain akan sedikit demi sedikit akan terasah  sehingga nantinya karakter yang pemalu tersebut akan berubah menjadi komunikatif atau tidak pemalu lagi dalam mengungkapkan kata-kata. Potensi-potensi yang terpendam dari seseorang dapat terasah melalui wadah organisasi ini sebab nantinya kita akan berkumpul dengan banyak orang yang memiliki karakter yang berbeda-beda yang dapat menjadikan inspirasi bagi kita. Nah, bagi mahasiswa yang belum menemukan karakter yang pas buat dirinya, organisasi inilah yang dapat mengungkap karakter Anda (setiap orang memiliki karakter masing-masing tetapi ada yang belum tereksplor) dengan berkumpul besama orang-orang berkarakter. Mungkin juga ada dibenak teman-teman yang telah memiliki karakter yang baik seperti komunikatif, berorientasi baik, dan lainnya, itu seyogyanya tetaplah berorganisasi karena kemungkinan dalam organisasi tersebut Andalah yang paling menonjol sehingga dipercaya oleh kerabat-kerabat Anda menjadi seorang ketua yang outputnya Anda dapat mengasah karakter Anda lebih baik lagi sehingga karakter Anda menjadi lebih baik dalam berorientasi.

Jadi organisasi sangat penting untuk seorang mahasiswa dalam membentuk karakter dan kepribadiannya. Tak usah khawatir mengenai mata kuliah dikampus. Jika Anda sudah bisa membagi waktu, keduanya antara kuliah dan organisasi akan dapat berjalan beriringan. 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Organisasi Sebagai Salah Satu Pilar Pembentuk Karakter Mahasiswa
Ditulis oleh dunia baruku
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kublogspot.blogspot.com/2014/02/organisasi-sebagai-salah-satu-pilar.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

amine sadoun said...

Alexa - Rank - Down under 100 000 for free!!!! "

Post a Comment

terimakasih telah singgah, berkomentar lah dengan baik

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of PENERUS BLOG SAMPAI MATI.