Seorang Senior Adalah Kompas Para Junior

Posted by dunia baruku Thursday, 13 February 2014 0 komentar

Proses kaderisasi adalah proses regenerasi yang sangat vital dalam organisasi karena di punggung merekalah akan dititipkan jejak perjuangan semangat para penggerak bangsa. Mereka mempunyai kelebihan dan keterbatasan yang berbeda sehingga untuk memperlakukan mereka tidaklah sama satu dengan yang lain.
Hanya sedikit kekuatan yang dapat diperlihatkan oleh seseorang saat kita tidak benar-benar mengenal mereka lebih dekat, dan lebih banyak kekuatan tersembunyi yang tidak mereka sadari. Oleh karena itu, kader tidak hanya diawasi tapi juga perlu dibina dan didampingi sehingga mereka mampu melihat sisi terbaik yang mereka punya untuk dibangkitkan.
Sebagai seorang senior tentunya sangat bijak jika memberikan penunjuk arah pada kader agar mereka mengerti kemana mereka akan melangkah, bukan malah menyalahkan mereka saat mereka tidak pernah menghubungi para senior. Bukankah mereka masih butuh penunjuk arah akan jalan pergerakan?
Kita menghadapi orang-orang yang berbeda baik dalam hal intelektual ataupun dalam semangat. Sebagai penunjuk arah, kita akan melihat potensi mereka dan memadukan potensi berbeda yang dimiliki hingga membentuk kekuatan yang kompleks dan saling melengkapi.
Proses pendampingan adalah proses pendekatan seorang senior untuk membangkitkan kekuatan besar yang dimiliki oleh seorang kader, bukan proses menunggu seorang kader untuk memperlihatkan kekuatannya sendiri.
Adalah tugas bersama untuk menjadikan kader sebagai ujung tombak kekuatan terbesar yang akan menggantikan posisi senior kelak. Sebagai warga pergerakan yang punya visi dan misi bersama, tentu semua langkah pergerakan harus sesuai dengan visi dan misi tersebut, bukan malah mengandalkan berbagai cara untuk kepentingan pribadi yang malah banyak merugikan bahkan menciderai kader lalu berdalih sebagai usaha untuk membimbing mereka menggapai visi misi bersama.
Menyalahgunakan jabatan seorang senior hanya untuk kepentingan pribadi yang berdampak negatif adalah awal dari kehancuran organisasi meskipun hanya ada sebagian kecil yang melakukannya, namun semuanya akan tercemar. Nama organisasi akan jelek di mata kader atau bahkan masyarakat.
Untuk mengantsipasi hal itu, tentunya harus ada sanksi tegas bagi senior yang perbuatannya sudah keluar dari visi dan misi organisasi, bukan malah membiarkannya dan mengatakan bahwa itu adalah rahasia internal yang tidak patut untuk dibuka. Namun jika seorang koruptor di negara ini dibiarkan dan tidak diberikan sanksi yang tegas, akan jadi apa negara ini? Tentunya ini juga berlaku untuk organisasi.
Jika penyakit ganas seperti kusta dan diabetes sudah tidak mampu ditangani dengan baik, maka jalan terakhir adalah melakukan amputasi agar tidak menyebar dan bertambah buruk terhadap organ-organ tubuh yang lain. Tidak berbeda jauh dengan organisasi. Jika pelanggaran yang sudah dilakukan baik kader ataupun senior sudah tidak bisa ditolerir, jangan malah melindungi mereka, karena hal ini hanya akan membuat organisasi semakin cacat.
“Tidak boleh kita membela ketidakbenaran dalam organisasi. Inilah yang menjadi awal kehancuran sebuah organisasi
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Seorang Senior Adalah Kompas Para Junior
Ditulis oleh dunia baruku
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kublogspot.blogspot.com/2014/02/seorang-senior-adalah-kompas-para-junior.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

terimakasih telah singgah, berkomentar lah dengan baik

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of PENERUS BLOG SAMPAI MATI.